9 Hal Menarik Dari Iphone 5

Smartphone Apple generasi ke-6, iPhone 5, telah lahir pada 12 September lalu. Mungkin penantian Anda selama lebih dari setahun telah terbayar setelah sebelumnya harus tertunda dengan hadirnya iPhone 4S yang merupakan transisi dari iPhone 4 ke iPhone 5.

Tidak seperti iPhone yang pernah rilis sebelumnya, Apple membuat perubahan besar di iPhone 5. Setiap aspek iPhone 5 akan mendapatkan update sehingga melahirkan sebuah smartphone modern dengan berbagai fitur dan kemampuan canggih. Mulai dari hardware specs serta fitur, semuanya mendapatkan update.

1. Lebih Tipis, Ringan dan Besar
Tak diragukan, fitur baru yang paling menonjol dari iPhone 5 ada pada screen berukuran 4 inci. Dengan perubahan ukuran tersebut kini iPhone 5 memiliki kemampuan untuk memuat satu baris ikon tambahan pada screen. Hal itu berarti pula bahwa screen akan memiliki lebih banyak ruang untuk informasi. Sebagai contoh, Calendar app kini bisa menunjukkan lebih banyak daily events dibanding di screen iPhone 4S. Untuk aplikasi yang belum ter-update untuk ukuran baru iPhone 5, tetap akan dijalankan mengacu pada screen 3,5 inci dengan tambahan border hitam di bagian atas dan bawah.

iPhone 5 juga lebih ringan dan tipis dibanding semua iPhone yang pernah rilis sebelumnya. Berbahan glass dan aluminum, iPhone 5 memiliki ketebalan hanya 7,6 inci dan berat 112 gram. Artinya, iPhone 5 lebih tipis 18% dan lebih ringan 20% dibanding iPhone 4S. Untuk pilihan warna, Apple tetap berpegang pada warna standar hitam dan putih.

2. Kualitas Screen
Screen di iPhone 5 lebih besar dibanding di iPhone 4S, juga terlihat lebih baik. Dengan 326ppi dan Retina Display 1136×640 pixels, screen iPhone 5 memiliki densitas piksel 18% lebih rapat dibanding iPhone 4S. Display tersebut juga memiliki color saturation 44% lebih baik dibanding pendahulunya.

3. LTE Support

iPhone 5 memiliki dukungan LTE. Apple meyakinkan bahwa iPhone 5 kompatibel dengan teknologi wireless terbaru, termasuk GPRS, Edge, EV-DO, HSPA, HSPA+, DC-HSDPA dan LTE.

LTE support tidak akan dibatasi hanya untuk satu jaringan di dunia. Di Amerika, Apple bekerjasama dengan opsel Sprint, AT&T dan Verizon untuk mendapatkan dukungan LTE. Di Kanada, Apple bekerjasama dengan opsel Rogers, Telus Bell Fido dan sejumlah lainnya. Di Asia, LTE akan didukung oleh opsel SoftBank, SingTel, dll. Di Australia ada Virgin Mobile dan Telstra. Di Eropa, Apple menggandeng Deutsche Telecom dan sejumlah opsel lainnya.

Dengan LTE, iPhone 5 akan mampu bekerja lebih cepat dalam jaringan koneksi. Kemampuan download mencapai 100MBps dan berganti koneksi antara network jika dibutuhkan. Jika Anda ingin memanfaatkan WiFi, iPhone 5 memiliki dukungan untuk WiFi 802.11 a/b/g/n, n at 2.4GHz dan 5Ghz, upto 150 Mbps.

4. Prosesor Super Cepat
Chip A6 yang dipasang Apple dalam iPhone 5 adalah chip prosesor terbaru dan tercepat dibanding chip lain yang pernah dipakai Apple. A6 memiliki speed 2x lebih tinggi dibanding A5 di iPhone 4S dan ukurannya 22% lebih kecil. Artinya, performa grafis yang dihasilkan juga lebih baik; 2x lebih cepat. Update pada iOS juga akan memberikan pengalaman nge-game yang lebih baik. Demo game Real Racing 3 di iPhone 5 oleh EA Studios membuktian kemampuan dan kecepatan iPhone 5.

5. Fokus pada Foto

Kamera di iPhone 4S merupakan kamera ponsel terbaik untuk saat ini. Meski demikian Apple tetap memberikan update untuk kamera iPhone 5. Masih memanfaatkan sensor kamera 8MP, kamera di iPhone 5 berukuran 25% lebih kecil dibanding di iPhone 4S. Tambahan fitur lain termasuk sebuah dynamic low-light mode yang mengombinasikan pixel untuk mendapatkan opsi dua f-stop (aperture) sehingga bisa menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi pencahayaan rendah.

6. Tiga Buah Mikrofon
Untuk meningkatkan kualitas voice recognition dan noice reduction, iPhone 5 dilengkapi 3 mikrofon: satu di bagian bawah, dua di bagian atas – masing-masing di bagian depan dan belakang. Untuk audio playback, Apple juga meningkatkan kulitas speaker iPhone 5 yang kini dilengkapi 5 magnet dalam transducer, desain baru dengan ukuran lebih kecil. Ukuran speaker iPhone 5 terhitung 20% lebih kecil dibanding di iPhone 4S. Jika Anda lebih suka menggunakan hands-free, iPhone 5 hadir dengan sebuah earphone baru yang dinamakan sebagai EarPods.

7. Dock Connector Desain Baru
30-pin dock connector yang telah berumur 12 tahun kini telah diganti dengan Lightning. Ini adalah sebuah dock connector teknologi baru yang dikembangkan Apple dan debut di iPhone 5. Lightning merupakan kabel konektor 8-pin yang ukurannya jauh lebih kecil dari pendahulunya.

8. Debut iOS 6 di iPhone 5

iOS 6 akan memulai debutnya di iPhone 5. Mobile OS ini pertama diperkenalkan Apple di ajang WWDC bulan Juni lalu. Meskipun iPhone model lama tetap bisa terupdate iOS 6 tetapi Apple mengatakan bahwa iOS 6 dikhususkan untuk layar lebar iPhone 5.

9. Harga dan Ketersediaan
Pre-order iPhone 5 dimulai hari ini (14 Sept). Ketersediannya di Amerika bisa didapat di opsel AT&T, Verizond dan Sprint mulai 21 September. iPhone 5 terdiri dari 3 pilihan storage: 16GB, 32GB dan 64GB dengan uang muka masing-masing $200, $300 dan $400 (dengan dua tahun kontrak). Untuk versi unlocked, iPhone 5 16GB akan dibanderol $649, versi 32GB seharga $749, dan versi 64GB seharga $849.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s