Fitur-fitur AC

Berikut adalah fitur teknologi aircond terkini yang ditawarkan oleh para produsennya:

1) Low Wattage dan Inverter

Tujuan kedua teknologi ini sudah jelas, yaitu untuk menghemat pemakaian energi listrik. Penghematan listrik pada teknologi low wattage dilakukan dengan cara mengecilkan kapasitas kompresor AC. Jika suhu sudah dingin maka kompresor akan mati, dan untuk menghidupkan lagi membutuhkan energi listrik yang lebih besar. Hal itulah yang menyebabkan teknologi low wattage tidak efisien. Sementara AC dengan teknologi inverter hanya membutuhkan daya 75 watt saat pertama kali menghidupkan. Sedangkan saat beroperasi kebutuhan daya menjadi 900 watt. Tapi jika suhu sudah stabil, kebutuhan daya tinggal 300 watt. Hal itu bisa terwujud berkat digunakannya microprosesor untuk mengatur daya putaran kompresor. Hasilnya efiensi bisa samapi 50%, sementara teknologi low wattage maksimal hanya 15%. AC dengan teknologi inverter lebih tepat digunakan jika mengoperasikan AC dalam jumlah besar, misalnya saja perkantoran. Karena penghematan yang didapat dari inverter lebih tinggi jika digunakan dalam jumlah besar. Sementara teknologi low wattage lebih cocok untuk residensial atau rumah tangga. Dengan kebutuhan watt yang rendah, AC itu cocok untuk rumah dengan daya listrik terbatas.

2) Plasmacluster, Neo Plasma, Virus Doctor, dan sejenisnya

Produsen elektronik Jepang, Sharp, telah mengembangkan teknologi filter Plasmacluster dengan menggunakan kekuatan ion positif dan ion negatif konsentrasi tinggi yang mampu mempercepat pemurnian udara di ruangan. Ion Plasmacluster akan menonaktifkan mikroba di udara seperti virus dan bakteri, penyebab alergi seperti debu rumah, serta sangat efektif dalam menghilangkan bau-bau tidak sedap seperti bau asap rokok, binatang peliharaan, sampah, toilet dan bau-bau tidak sedap lainnya. Ion juga dapat mengatasi mikroba yang menempel pada serat bahan yang menimbulkan bau keringat. Ion Plasmacluster telah terbukti mengurangi sampai 99% aktifitas virus patogenik dan mematikan, virus influenza A, H5N1, menggunakan eksperimen dengan lingkungan yang terkontrol. Produk LG Neo Plasma Plus Ion dapat menghasilkan 1,2 juta ion positif dan negatif secara kontinyu, guna membantu memerangi bakteri, virus dan bau di udara, sehingga udara menjadi bersih dan sehat. AC Samsung Virus Doctor mengeluarkan hidrogen aktif dan ion oksigen negatif untuk melumpuhkan bakteri dan zat beracun. AC ber-Virus Doctor menonaktifkan virus dengan senyawa H-O-O, relatif lebih cepat dan tidak mengandung radikal bebas.

 

 

 

3) Eco Patrol

Dengan mengaktifkan teknologi eco patrol, sensor di AC akan mendeteksi hawa panas keberadaan manusia dan adanya aktivitas di dalam ruangan. Sehingga apabila sensor tidak mendeteksi keberadaan manusia, maka AC secara otomatis menyesuaikan pendinginan dengan menaikkan 2 C dan menghemat 20 persen. Dan bila seseorang kembali masuk ke dalam ruangan tersebut, AC otomatis mengembalikan suhu ke posisi sebelumnya.

4) Coanda Gentle Cool Air Flow

Mode ini akan menghantarkan lebih banyak udara dingin keatas melalui plafon (langit-langit) ruangan dibandingkan kebawah melalui lantai, untuk mencegah kondisi terlalu dingin, terutama bagi anak-anak, wanita hamil dan manula.

5) Powerful Jetstream atau Cooling Booster

Mendinginkan dengan cepat, memberikan kesejukan seketika dari cuaca panas atau sehabis olahraga, dan mempunyai kemampuan untuk menghembuskan angin jarak jauh hingga menjangkau setiap sudut ruangan.

6) Self-Cleaning

Berfungsi untuk membersihkan permukaan evaporator dari jamur akibat lembab yang bekerja secara otomatis sehingga AC bebas jamur. Untuk AC Sharp, selama 40 menit ion plasmacluster akan dihembuskan ke dalam indoor unit dan mencegah jamur penyebab bau tumbuh pada permukaan evaporator.

7) Ultrasonic pembunuh nyamuk

Gelombang ultrasonic yang ada di AC Terminator LG dapat memancarkan gelombang berkekuatan 30kHz 100kHz, yang mampu mengganggu fungsi antena nyamuk. Bila gelombang ultrasonic itu terus menerus ditangkap indera penerima nyamuk, lambat laun nyamuk tersebut akan mati, termasuk nyamuk Aedes aegepty (nyamuk demam berdarah). Gelombang ultrasonic diklaim mampu membunuh lebih dari 70 persen nyamuk dalam tempo 24 jam.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s